Semarak KPA di SULUTGO

Semarak KPA di SULUTGO

Masroor Library – Alhamdulillah, pelaksanaan KPA di Sulutgo (Sulawesi Utara Gorontalo), yang mana Jemaat Konarom menjadi tuan rumahnya, telah selesai dilaksanakan. Acara yang berlangsung dari 1 Juli sampai 6 Juli 2018 itu, dalam pembukaannya mengundang kepala desa dan Tokoh masyarakat. Acara yang di buka dengan ucapan Basmallah dan dilanjutkan dengan Sambutan dari Sangadi (Kepala Desa), Sambutan Ketua Jemaat, Amanat dari Panitia Pusat yang disampaikan oleh Direktur KPA Wilayah (Apep) dan Arahan dengan Doa oleh Mln Hidayat (Mubda Sulut 2) tersebut, Alhamdulillah, berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

Saya mendukung penuh acara KPA ini” Ungkap Sangadi selaku Kepala Desa dalam sambutannya yang diaminkan oleh para peserta yang hadir.

Adapun Jemaat yang ikut serta dalam program nasional kegiatan KPA ini diantaranya adalah: Jemaat Kotamobagu, Jemaat Gorontalo, Jemaat Manado, Jemaat Sea, Jemaat Lolak, Jemaat Kosinggolan dan tuan Rumah Sendiri yaitu Jemaat Konarom yang paling banyak mengikutkan pesertanya.

Ya Wajar saja, Kan!…Konaromlah yang tuan Rumahnya“, kata salah satu peserta, dalam menanggapi hal ini.

Dalam KPA yang didukung juga kegiatannya oleh Intel Polsek ini, diikuti oleh 7 dari 8 cabang yang ada di Sulutgo dan satu Jemaat kelompok yang ada di Marisa, total jumlah peserta dan Panitia, berjumlah 203 Orang, dan jumlah ini melebihi target yang direncanakan, yaitu sekitar 160 Orang. Ini bukti bahwa semangat generasi muda di Sulutgo untuk mengikuti KPA cukup memuaskan.

Kegiatan KPA yang diikuti juga oleh, anak-anak bukan Ahmadi di lingkungan Jemaat Konarom diantaranya anak kepala desa dan Anak Imam Masjid sekitar dan lain-lain. Selama 6 hari, mereka di berikan berbagai mata pelajaran seperti Pelajaran Alquran, Shalat, Ahlak, Pengorbanan dan Ke Ilmuan ini, diberikan langsung pelajarannya, oleh 9 Mubaligh, yang bertugas di wilayah Sulutgo yaitu Mln Yaqub, Mln Hidayat, Mln Ridwan, Mln Daud Laday, Mln Ahmad Hidayat, Mln Gilang, Mln Amar, Mln Kona dan Mln Hafiz.

Selain itu yang membuat semangat para peserta KPA yang dilaksanakan di pusat kota kecamatan yang baru tersebut, para peserta diberikan juga berbagai macam perlombaan Rohani, seperti : Cerdas cermat, Fiil bedi (ceramah singkat dengan pemberian judul spontan dari Juri), Adzan dan sebagainya. Juga permainan seperti diantaranya perminan bola pimpong, ular-ularan dan tarik rotan di arena lapangan yang becek (karena pas hujan) juga, dan permainan lain-lain. Ini membuat para peserta semakin akrab, menyatu berbaur menjadi satu dalam kebersamaan di dalam Jemaat Ilahi ini, nikmat dirasakan oleh semua peserta, dan karunia bagi mereka yang mengikutinya.

Tidak kalah menarik malam harinya, di acara KPA ini yaitu pelajaran syair-syair yang diberikan oleh Alumi ARH (Acil) dan presentasi tentang semangat berprestasi dan penghidmatan juga keorganisasian dalam jemaat yg diberikan oleh tokoh-tokoh muda yg berhasil dalam Jemaat seperti Kang Dikki Shadiq Anshari dan Bang Sap Topayu membuat acara ini semakin semarak dan lengkap Ilmunya, yang didapatkan oleh para peserta KPA.

Hari Jum’at pagi penutupan acara dilaksanakan di dalam Masjid Nurul Huda. Masjid Jemaat kebanggaan Konarom ini, penuh dan tidak cukup lagi diisi oleh para peserta dan Anggota Jemaat, yang mengikuti acara penutupan tersebut sehingga yang lain mengikutinya di halaman masjid saja.

Pembagian hadiah-hadiah, dan pengumuman para pemenang lomba-lomba dan juara kelas serta kesan dan pesan para peserta, membuat perasaan para peserta sedih, gembira, haru menjadi satu. Itulah kecintaan dan kebersamaan dalam Jemaat yang dirasakan. Alhamdulillah untuk tahun ini tuan Rumah Konarom menjadi Juara Umumnya.

Acara ditutup dengan nasehat, harapan dan do’a oleh Mln Ridwan (Mubda Gorobtalo). Semoga AllahSWT memberkati dan menerima segala penghidmatan kita. Di dalam Jemaat ini. Mototabian, mototanoban dan mototompiaan (semoga kita selalu saling mengasihi, saling mengingatkan dan saling memperbaiki) itulah moto daerah Bolaang Mongondow, tempat dimana KPA dilaksanakan Aamiin

Pengumuman juara sebagai berikut:

  1. Juara kelas A : Syarif dari Lolak
  2. Juara kelas B : Zaki dari Kotamobagu
  3. Juara kelas C : Raisa dari Konarom
  4. Juara kelas D : Hasna dari Konarom

Jazakumullah, atas kerjasama dan patisipasinya kepada para Mubaligh, Panitia, Kepala Desa, Satuan Polisi dan semua anggota yang terlibat dalam kegiatan acara tersebut, sehingga berjalan dengan baik dan aman, semoga kedepannya akan semakin baik lagi. Aamiin

Sampai Jumpa nanti di KPA 2019.

Kontributor: Hafiz Ahmad Mutu
Editor: Bagus Sugiarto

No Responses

Tinggalkan Balasan