Perspektif: Batasi Perdagangan Senjata Maka Perdamaian Dunia Akan Terwujud

Perspektif: Batasi Perdagangan Senjata Maka Perdamaian Dunia Akan Terwujud

“Demi kebaikan umat manusia, Pemerintahan-pemerintahan hendaknya mengenyampingkan kehawatiran bahwa ekonomi mereka akan merugi bila perdagangan senjata dibatasi. Semestinya mereka memikirkan corak dunia apa yang hendak mereka wariskan kepada generasi penerusnya.”

Masroor Library – Tuan-tuan, pada beberapa minggu ini Pemerintah Amerika Serikat sedang berupaya mengangkat rencana-rencana untuk meloloskan penjualan senjata ke negara-negara yang nyata dikenal melakukan banyak pelanggaran kemanusiaan. F-16 senilai miliaran dollar Amerika Serikat dikirim ke Bahrain dan amunisi kendali jarak jauh sedang disepakati dikirim ke Saudi Arabia. Upaya Eropa Timur yang membuka jalannya rencana mereka agar penjualan senjata lain sampai ke tangan ISIS membuat saya khawatir namun disisi lain yang menjadikan saya benar-benar makin yakin untuk menghentikan hal ini adalah saat saya menyimak Pemimpim Muslim yang mengajak untuk membatasi penjualan senjata sebagai solusi cepat yang siap diterapkan untuk meredakan kekacauan dunia.

Saya berada di National Peace Symposium di masjid terbesar se-UK minggu lalu yang dihadiri lebih dari 1000 orang termasuk 600 non-Muslim. Mereka berkumpul untuk menyimak pidato Khalifah Islam. Beliau menyerukan untuk memberlakukan sanksi berat terhadap pengiriman senjata-senjata dari negara-negara Adidaya baik di Barat dan Eropa Timur yang tengah menyulut konflik di negara-negara Muslim.

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Nasehat yang bijak adalah kekayaan orang beriman yang tengah hilang”. Saya berpendapat inilah saatnya pemerintahan-pemerintahan mendengarkan nasehat-nasehat khalifah ini dan menerapkannya layaknya mereka menemukan kembali harta mereka yang hilang dan bukannya mengkhawatirkan pundi-pundi mereka: “Demi kebaikan umat manusia, Pemerintahan-pemerintahan hendaknya mengenyampingkan kekhawatiran bahwa ekonomi mereka akan merugi bila perdagangan senjata dibatasi. Semestinya mereka memikirkan corak dunia apa yang hendak mereka wariskan kepada generasi penerusnya.”

Farhad Ahmad
Imam, Ahmadiyya Muslim Community,
Surbiton, UK

Alih bahasa:Iin Qurrotul Ain
Sumber: http://timesofahmad.blogspot.co.id/2017/04/perspective-curb-arms-trade-and-world.html?m=1

No Responses

Tinggalkan Balasan